Senin, 09 Mei 2016

CONTOH MODEL PENGELOLAAN USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR



MODEL PENGELOLAAN USAHA
PETERNAKAN
“BAROKAH CHIKEN EGG’S”



Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Kewirausahaan
Yang Dibina Oleh Bapak Sultoni, M.Pd




Oleh
Ulfatul Jannah
130131600377




 











UNIVERSITAS NEGERI MALANG
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Mei 2016


 






A.      DESKRIPSI UMUM

Nama Usaha                : Barokah Chiken Egg’s
Bentuk Usaha             : Perseorangan
Jenis/Bidang Usaha     : Industri Peternakan
Lokasi                         : Desa Rabiyan Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang
Nama Pemilik              : Ulfatul Jannah
Alamat                                    : Desa Rabiyan Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang


B.       PENDAHULUAN

Kesibukan semakin lama semakin menyita waktu, lelah dan letih setelah bekerja pasti akan selalu menghinggapi. Kadar darah di dalam tubuhpun juga akan menurun apabila tubuh selalu dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus dan pada akhirnya kesehatan akan terganggu dan akan mengganggu pada pekerjaan karena ketidakmampuan tubuh yang semakin lemah. Pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan cepat akan terhalang dan pekerjaanpun semakin lambat. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga agar pekerjaan dapat sesuai dengan yang diinginkan, maka kesehatan harus selalu diperhatikan dengan cara terus-menjaga pola makan dan kualitas asupan gizi yang dikonsumsi. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Adapun salah satu makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh adalah telur. Terdapat banyak jenis telur, diantaranya banyak terlur tersebut yang biasa dikonsumsi adalah telur ayam. Telur ayam mengandung banyak protein dan zat-zat lain yang dapat menjaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan setiap individu karena kebutuhan gizi setiap orang tentu berbeda-beda. Dengan demikian setiap orang akan membutuhkan telur untuk dikonsumsi demi terpenuhinya gizi setiap hari. Usaha ternak ayam petelur menjadi sangat menguntungkan apabila bisa ditekuni dengan sungguh-sungguh. Usaha peternakan ayam ras petelur mempunyai tujuan yaitu untuk memproduksi telur kepada konsumen dalam upaya memenuhi kebutuhan protein hewani, selain itu juga bertujuan untuk menghasilkan daging asal ayam petelur yang baik. Tujuan yang ingin dicapai dalam mengusahakan peternakan ayam petelur “Barokah Chiken Egg’s” ini adalah untuk mendapatkan keuntungan guna mencukupi kebutuhan hidup dalam meningkatkan usahanya.
Usaha Barokah Chiken Egg’s ini didirikan dengan latar belakang untuk lebih mengembangkan usaha orangtua yang sudah beberapa tahun dijalankan namun dalam pelaksanaannya selama ini kurang terkonsep dengan baik. Oleh karena itu muncullah ide untuk lebih mengembangkan usaha ini. Upaya memperoleh keuntungan yang besar dan berkelanjutan merupakan sasaran utama bagi semua kegiatan usaha termasuk di dalamnya usaha peternakan ayam petelur Barokah Chiken Egg’s ini, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku usaha peternakan ayam petelur sendiri. Untuk mencapai sasaran tersebut perlu adanya langkah atau upaya, salah satu diantaranya dengan mengkaji ulang mengenai usaha yang selama ini sudah dijalankan, terutama mengenai profitabilitas dan kualitas telur untuk menilai besar kecilnya produktivitas usaha. Peternakan ayam petelur ini berusaha lebih gigih dalam meningkatkan penerimaannya agar profitabilitas atau tingkat laba yang diperoleh mencapai hasil yang maksimum.

C.  VISI, MISI, DAN TUJUAN
1.    Visi:
Menjadi perusahaan ternak ayam petelur berkualitas baik.
2.    Misi:
a.    Memproduksi telur ayam dengan kualitas terbaik
b.    Melakukan promosi untuk menarik pelanggan
c.    Memberikan promo pada saat-saat tertentu
d.   Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
3.    Tujuan:
a.    Untuk memenuhi kebutuhan telur sebagai pemenuh gizi penduduk setempat
b.    Menambah penghasilan
c.    Menciptakan lapangan pekerjaan
d.   Menciptakan suatu hal yang baru di daerah tempat tinggal untuk dikembangan secara efektif dan efisien.

D.      DESKRIPSI USAHA
Usaha skala kecil ini bergerak di bidang peternakan ayam petelur dan merupakan usaha yang cukup sederhana serta mudah untuk ditekuni. Usaha ini cukup menguntungkan, mengingat telur merupakan salah satu jenis makanan yang sering digunakan dan dibutuhkan sebagai pemenuhan gizi tubuh setiap orang. Selain mudah diolah, harga telur juga sangat terjangkau dan juga sangat mudah untuk diperoleh oleh masyarakat.

E.       KEBIJAKAN MUTU
1.      Sesuai dengan Peraturan No. 425/Kpts/OT.210/7/2001 tentang Pedoman Budidaya Ternak Ayam Petelur yang Baik
2.      Memberikan obat dan vitamin pada ayam yang kurang sehat
3.      Memberikan vaksinasi pada ayam setiap satu bulan sekali
4.      Melakukan penyuntikan pada ayam setiap tiga bulan sekali
5.      Memberi obat dan vitamin pada ayam (Vita Stress , Stimulan Egg, Egg Promotor, Strong Egg, Koleridin, Trimezyn, Amoksilin, Oralit, Vitamin B, Vitamin C, Tetrakol) dan memberi Mineral setiap hari
6.      Membersihkan tempat makan dan minum ayam setiap hari
7.      Memberikan pelayanan secara baik kepada pelanggan
8.      Menetapkan harga sesuai dengan harga pasar yang berlaku pada saat itu
9.      Mengganti telur yang pecah atau tidak utuh (jika telur yang pecah disebabkan oleh kesalahan dari produsen sendiri)
10.  Menindaklanjuti dan menangani jika ada keluhan dari pelanggan.

F.       PROSES PENGELOLAAN
Proses pengelolaan pada usaha ayam petelur di Barokah Chiken Egg’s ini adalah Kegiatan produksi dilakukan setiap hari, dan panen dilakukan setiap sore hari, maka proses dapat dilihat sebagai berikut:

 

















Gambar 1. Proses Pengelolaan di Barikah Chiken Egg’s

Pada proses pengelolaan di “Barokah Chiken Egg’s” terdiri dari empat langkah yaitu: 1) penerimaan order yang dilakukan oleh manajer/pemilik, 2) mencatat orde yang telah diterima dengan tujuan untuk mengetahui siapa yang lebih dulu memberi order yang dilakukan oleh manajer/pemilik, 2) melakukan nego harga dengan konsumen, 4) mengantarkan orde jika sudah terdapat persetujuan harga dengan pelanggan. Proses pengelolaan tersebut tidak terlepas dari kegiatan: 1) memberi makan dan minum pada ayam di setiap pagi dan siang hari, dan 2) memanen telur di setiap sore hari. Proses pengelolaan “Barokah Chiken Egg’s” dilaksanakan oleh para personel yang ditata sebagaimana tergambar dalam struktur organisasi.



G.      ASPEK PRODUKSI
1.        Jenis Produksi
Jenis produksi yang dibuat dalam usaha ini adalah telur ayam. Dalam menghasilkannya diperlukan:
a.    Induk ayam
b.    Pakan ayam
c.    Kandang ayam
2.        Volume Produk Akan Dibuat
Dalam hal kegiatan produksi, kami berusaha untuk mengoptimalkan sumber daya (indukan) untuk berproduksi semaksimal mungkin.
3.        Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan
Mengenai bahan dan peralatan, kami menyiapkan peralatan berupa kandang ayam kurang lebih berukuran panjang x lebar x tinggi (25m x 4,30m x 4m) tempat makan dan minum induk ayam, alat angkut ketika panen, tempat untuk mencampur makanan ayam, dan tempat penyimpanan telur ayam sementara.
4.        Proses Produksi
Kegiatan produksi dilakukan setiap hari, dan panen dilakukan setiap sore hari.

H.      ASPEK PEMASARAN
1.        Konsumen
Konsumen terdiri dari penduduk di sekitar wilayah produksi, mengingat harga yang ditawarkan di pasaran sangat bersaing namun kualitas telur yang ada kurang menjamin, maka kami berani untuk menawarkan harga yang sama namun kualitas telur yang lebih baik.
2.        Situasi Persaingan
Pesaing untuk industri ini cenderung banyak, karena masyarakat melihat bahwa usaha ayam petelur ini sangat menguntungkan namun banyak pula yang mengalami kebangkrutan diakibatkan tidak dapat bersaing dengan baik.
3.        Penetapan Harga
Harga untuk produk yang pada umunya dijual menggunakan satuan kilogram ini kami tentukan berdasarkan harga di pasaran pada umumnya yang sewaktu-waktu kadang berubah.
4.        Cara pemasaran
Kami menggunakan metode distribusi langsung dalam memasarkan barang, yaitu dengan menunggu pesanan pembeli baik pembeli yang secara langsung datang ke tempat produksi maupun yang meminta untuk mengantarkannya.

I.         ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Dalam pengelolaan usaha ini dilakukan oleh pemilik secara pribadi, mengingat pekerjaan yang harus dilakukan tidak terlalu banyak, baru setelah usaha ini dikembangkan akan dijaring beberapa tenaga kerja. Kami merencanakan untuk menggunakan tenaga kerja loka sebagai wujud pemberdayaan tenaga kerja setempat.
1.    Struktur Organisasi dan Jabaran Tugas


 







Gambar 1. Struktur Organisasi di Barokah Chiken Egg’s.
a.    Jabaran Tugas Manajer
1)   Menetapkan harga produk
2)   Mengawasi kinerja tenaga kerja
3)   Membuat rincian pemasukan dan pengeluaran (cashflow)
4)   Memesan kebutuhan usaha
5)   Menerima order dari pelanggan
6)   Membayar gaiji tenaga kerja
b.    Tenaga Kerja
1)   Menjaga keamanan di tempat produksi
2)   Membersihkan setiap hari
3)   Membersihkan tempat produksi selama dua kali dalam satu bulan
4)   Memberi makan ayam di setiap pagi dan siang
5)   Memberi minum ayam di setiap pagi dan sore
6)   Mengecek kesehatan ayam setiap hari
7)   Memberikan vaksinasi pada ayam setiap satu bulan satu kali
8)   Memberi penyuntikan pada ayam setiap tuga bulan sekali
9)   Memberi campuran mineral pada air minum ayam setiap hari
10)    Memberi obat dan vitamin pada ayam
11)    Memanen telur di setiap sore
12)    Menghitung jumlah telur yang dihasilkan setiap harinya
13)    Menimbang telur dan menyimpan telur di tempat penyimpanan sementara
14)    Mengantar order jika diperlukan
15)    Menghidupkan dan mematikan lampu di tempat produksi.
2.    Masalah yang Potensial
Masalah yang akan muncul diantaranya adalah perubahan harga pakan, yang akan mengakibatkan naiknya biaya produksi, serta diserangnya indukan oleh penyakit-penyakit unggas.
3.    Resiko dan Hambatan
a.    Naik turunnya harga pakan
b.    Pindahnya konsumen ke produsen lain
c.    Terserangnya indukan oleh virus penyebab penyakit
d.   Muncul pesaing-pesaing baru
4.    Tindakan alternatif
Naik turunnya harga pakan dapat diatasi dengan menyesuaikan harga jual.

J.        ASPEK KEUANGAN DAN CASHFLOW
1.    Sumber Modal
Modal Investasi                      : -
Kandang                                 : Rp. 75.000.000
Ayam indukan                                    : 1000 ekor x Rp. 61.000 = Rp. 61.000.000
Jumlah                                     : Rp. 136.000.000

2.    Biaya Operasional           
Adapun biaya operasional untuk satu bulan adalah sebagai berikut:             
Konsentrat                              : 12 kwintal (Rp. 800.000/kwt) = Rp. 9.600.000
Bekatul                                    : 7,5 kwintal (Rp. 2000/kg) = Rp. 1.500.000
Jagung                                     : 18 kwintal (Rp.500.000/kwt) = Rp. 9.000.000
Jumlah Biaya Pakan                : Rp. 20.100.000
Gaji tenaga kerja                     : Rp. 1.000.000
Vaksinasi                                 : 1 x Rp. 25.000
Total Biaya Operasional          : Rp. 21.125.000

3.    Perhitungan Laba Rugi
Penjualan                                 : harga perkilonya adalah Rp. 18.000 (dalam satu
  hari diasumsikan dapat memproduksi 45 kg telur), maka (30 hari x 45 kg x Rp. 18.000) = Rp. 24.300.000
Total Biaya Operasional          : Rp. 21.125.000
Biaya operasional lainnya
Biaya penyusutan                   
Kandang                                 : Rp. 200.000
Biaya penurunan                     : 1 x Rp. 61.000 = Rp. 61.000
Produktifitas indukan             : Rp. 22.500
Total Biaya Penyusutan          : Rp. 283.500
Total Biaya                              : Rp. 21.408.500
Laba Usaha                             : Rp. 24.300.000 - Rp. 21.408.500 = Rp. 2.891.500

4.    Analisis Break Even Point (BEP)
BEP satu bulan = total biaya satu bulan
Harga jual                                : Rp. 24.300.000
Harga jual per kg                     : Rp. 18.000
= 1350 kg
Atau setara dengan harga jual hasil produksi selama 30 hari.

5.    Payback Period (PP)
Jumlah Modal Investasi                      : Rp. 136.000.000
Jumlah Laba Usaha Pertahun              : Rp. 2.891.500 x 12 = Rp. 34.698.000
                                                              Rp. 136.000.000 : Rp. 34.698.000 = 3,9
                                                             
Jadi, Modal investasi akan kembali dalam waktu 3 tahun 9 bulan.

K.      ASPEK YURIDIS
Dalam melaksanakan usaha diperlukan aspek-aspek yuridis meliputi Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).



15 komentar:

  1. ===> BONUS SETIAP SABTU & MINGGU <===

    DONACOPOKER merupakan online web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di agen poker online.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    artikel poker
    pokerdonaco

    Ayo daftar sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  2. PROMO UNTUK MEMBER BARU!

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, letak kantorcabang Poker Online merencanakan pulsa merupakan sejenis saudagar judi yang merencanakan pementasan poker online pada waktu ini sudah sangat ringan degnan hadirnya pergelaran ini judi online endapan via pulsa fasilitas antep bermain disebuah pertunjukan judi online yang piawai kita jumpai saat ini emang buah berpokok kian bertumbuhnya jaman dan teknologi saat ini didalam pementasan taruhan online. Dengan hanya mengemukakan pulsa ragam dana deposit atraksi di zeus bola online, anakbuah sudah merapai aplusan yang mega bersikap lalu memimpin permainan.

    Berlagak memperuntukkan pulsa didalam atraksi judi online tentunya sebenarnya akan makin menyenangkan personel masa agan mengerjakan atraksi sandaran online. Karena adanya endapan melewati pulsa maka pegawai bakal becus sehubungan enteng padat bertingkah serta bekerja pemenang didalam sepadan pergelaran poker. Permainan judi online endapan dengan pulsa tentunya akan menyenggau beberapa khasiat berperangai yang ahli berupa pulsa cuma maupun berwujud uang berlaku didalam semotif tontonan judi online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/situs-agen-s128-sabung-ayam-deposit-pulsa/
    http://134.209.98.69/agen-slot-deposit-via-pulsa-di-indonesia/
    http://134.209.98.69/agen-slot-games-deposit-pulsa-di-indonesia/


    Daftar sekarang hanya di ZeusBola

    BalasHapus
  3. S128Cash merupakan salah satu Situs Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik tahun 2019 yang menyediakan semua permainan yang populer di kalangan Indonesia seperti :
    - Sportbooks
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - Slot Games
    - Tembak Ikan
    - IDNPoker
    - Klik4D

    S128Cash juga menyediakan BONUS PROMO menarik yang sangat mudah Anda dapatkan, seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Ayam Sabung )

    Untuk pendaftaran disini tidak ribet dan GRATIS!!
    Pelayanan Customer Service juga siap melayani Anda 24 Jam 7 Hari !!
    Segera daftarkan diri Anda bersama kami ya, di tunggu kedatangannya..
    Hubungi kami :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  4. Belum Pada Tau ?? Penyedia Games Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya Di Indonesia Hanya Di http://zeusbola.cc/

    Menerima Deposit Via Bank, Pulsa, Ovo Pay, Gopay, Linkaja, Tcash, Dana, Dll.

    Support Transaksi Deposit Juga Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Dan Jasa Lainnya Lohh ..

    Buruan Sekarang Juga Daftar Games Online Kesukaan Anda, Sekarang Juga Di Situs Resmi Games Online Zeusbola,cc . Karena Daftar itu GRATISSSSS BOSSS....

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya :: KLIK DISINI

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : https://wa.me/081333555996
    Telegram : https://t.me/zeusbola

    BalasHapus
  5. Belum Pada Tau ?? Penyedia Games Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya Di Indonesia Hanya Di ZEUSBOLA

    Menerima Deposit Via Bank, Pulsa, Ovo Pay, Gopay, Linkaja, Tcash, Dana, Dll.

    Support Transaksi Deposit Juga Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Dan Jasa Lainnya Lohh ..

    Buruan Sekarang Juga Daftar Games Online Kesukaan Anda, Sekarang Juga Di Situs Resmi Games Online Zeusbola,cc . Karena Daftar itu GRATISSSSS BOSSS....

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya :: KLIK DISINI

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : https://wa.me/081333555996
    Telegram : https://t.me/zeusbola

    BalasHapus
  6. Belum Pada Tau ?? Penyedia Games Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya Di Indonesia Hanya Di ZEUSBOLA

    Menerima Deposit Via Bank, Pulsa, Ovo Pay, Gopay, Linkaja, Tcash, Dana, Dll.

    Support Transaksi Deposit Juga Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Dan Jasa Lainnya Lohh ..

    Buruan Sekarang Juga Daftar Games Online Kesukaan Anda, Sekarang Juga Di Situs Resmi Games Online Zeusbola,cc . Karena Daftar itu GRATISSSSS BOSSS....

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya :: KLIK DISINI

    Baca : http://134.209.98.69/link-poker-deposit-pulsa-terpercaya-di-indonesia/

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : https://wa.me/6281333555996
    Telegram : https://t.me/zeusbola

    BalasHapus
  7. BONUS 10% EVERY DAY

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan pada awal akun permainan judi atau taruhan online terhadap anda di perutusan judi online yang berkelas International, valid dan terpercaya hanya di poker deposit pulsa.

    Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man bagi beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.site/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.site/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.site/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    zeus365.net
    zeus77.org

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  8. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  9. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  10. Cari Situs Poker Online Deposit Pulsa Terpercaya Dengan Banyak Permainan Dengan Tampilan Yang Mewah? Yuk Gabung Bersama PokerAyam Situs Poker Online Terpercaya deposit pakai ovo, dana, dan gopay deposit 10rb.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    > Bonus Refferal 15%

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    - Semua Bank Lokal
    - OVO
    - Gopay
    - Dana
    - Pulsa (Minimal Deposit 25rb Rate Terbaik)

    * Domino QQ Pulsa Indonesia
    * Judi Samgong Online
    * Kontak PokerAyam

    HUBUNGI KAMI:
    pokerayam.cc
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  11. BISA DEPOSIT VIA PULSA XL

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeus bola.

    Sbg Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man pada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
    login zeusbola

    promo s128 adu ayam

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 nova 888, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  12. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam S128 dan Sv388
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  13. CLUB388CASH SABUNG AYAM & SLOT ONLINE DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    CLUB388CASH adalah situs judi casino online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    BalasHapus
  14. BOLAVITA
    Agent 1 user ID untuk semua permainan

    Info hub
    WA:0812-1495-2061

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Silahkan memberi komentar dengan sopan